0
Karikatur: Agc/JA
Acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Fakultas Pertanian melibatkan alumni dalam struktur kepanitiaan. Dari 40 mahasiswa yang terlibat sebagai pendamping, tiga diantaranya sudah berstatus alumni setelah melewati proses yudisium. Hal ini tidak sesuai dengan instruksi Surat Edaran (SE) Menristek Dikti nomor 01/DJ-Belmawa/SE/VII/2015 poin kedua. Surat tersebut menyatakan bahwa kepanitiaan melibatkan unsur pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa.
Keterlibatan alumni dalam kepanitiaan PKKMB 2015 disebabkan keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) lantaran panitia OSMB PADI 2015 memutuskan Walk Out (WO), “Karena panitia OSMB keluar (red: WO) jadi harus ada langkah cepat,” ujar Ropiudin, S.TP.,M.Si., selaku sekretaris panitia PKKMB 2015  (26/8) (Baca: Kesepakatan Dilanggar Birokrat, Panitia OSMB Walk Out)
Panitia PKKMB 2015 tidak membuka pendaftaran untuk posisi pendamping. Panitia mengerahkan dosen pembimbing skripsi dan pembimbing akademik dengan meminta tolong alumni tanpa memberikan keterangan tentang kesulitan yang dialami, “Dosen hanya meminta tolong pada saya untuk membantu,” ujar salah satu alumni yang baru diyudisium dan tidak ingin disebutkan namanya (27/8). Sampai saat ini panitia PKKMB 2015 tidak memberikan penjelasan mengenai perekrutan alumni sebagai panitia, seperti yang disampaikan Agus Riyanto, S.P., M.P., salah satu panitia PKKMB 2015, “Saya tidak memiliki wewenang untuk menjelaskannya,” ujarnya (27/8).
  Ropiudin menilai keterlibatan alumni tidak dipermasalahkan, karena alumni dapat memberikan contoh untuk tetap peduli pada fakultas, “Ya gak apa-apa. Itu bisa menjadi nilai positif untuk Maba,” jelasnya. Namun menurut Dr. H. Mohd. Isplancius, S.H, M. Hum, dosen Fakultas Hukum sekaligus Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, pelibatan alumni dalam kepanitiaan melanggar secara hukum karena tidak sesuai dengan ketentuan, “Itu melanggar ketentuan, karena secara hukum alumni sudah berada di luar tanggug jawab institusi,” tegasnya (28/8). (Va/Rio)

Posting Komentar

Silahkan berkomentar di situs persma-agrica.com

 
Top