0
 Masa depan KEMA ada di tangan Hima-Unit melalui Muskema. Hal tersebut tidak lagi dapat ditawar. Ada tidaknya BEM, DLM, partai, perubahan bentuk Hima atau UKM, semua dapat diputuskan melalui forum pengambilan keputusan tertinggi, yakni Muskema. Sebab di dalamnya, termuat agenda pembahasan dan penetapan instrumen yang mengatur hal tersebut, yaitu Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART). Tidak lain, Hima-unit menjadi sang pemegang kunci. Hima-unit yang akan paling merasakan efek setiap keputusan yang ditetapkan dalam forum ini.

Forum tertinggi ini hingga kini masih berjalan dan baru menginjak agenda Presidium. Asas keterwakilan mulai disoroti dalam Muskema. Seluruh hima-unit dipandang amat perlu untuk hadir. Hingga dittuangkan dalam Bab 5 Pasal 12 tentang Tata Tertib Muskema, bahwa muskema akan sah jika dihadiri oleh minimal 3 orang perwakilan masing-masing Hima dan UKM. Aturan tersebut akhirnya berhasil menarik Hima-unit untuk hadir.

Susunan kelembagaan Faperta terbilang komplit dibanding fakultas lain. Miniatur Negara kecil ini lengkap dengan BEM sebagai eksekutif, DLM sebagai pembuat undang-undang dan pengawas Presiden. Didukung oleh partai sebagai salah satu pilar demokrasi. Hima menjadi daerah provinsi dan UKM dapat dikatakan kementerian yang terdiri atas berbagai bidang. Hima-unit pun berkomunikasi melalui Forum Komunikasi Hima-unit Fakultas Pertanian (FKHUFP). Seluruh elemen Negara KEMA tersebut perlu dievaluasi. Dinilai kinerjanya, sinergi antar lembaga, dan hasil akhir pencapaian tujuan. Wadahnya yakni Muskema.

Arah terdekat KEMA adalah menentukan sistem pemilihan Presiden BEM. Mulai dari bentuknya, apakah masih tetap PEMIRA, hingga muncul wacana jalur pencalonan presiden BEM secara independen. Penentuan arah tersebut bukan tanpa efek. Getah jangka pendek akan terasa oleh KPR. Contoh kecil, hingga saat ini, RUU Pemira belum di sahkan. Pelaksana PEMIRA ini belum secara De Jure (hukum).  Instrument PEMIRA disahkan oleh DLM demisioner. Kemudian harus melaporkan tugasnya kepada siapa.

Proses terus berjalan. Perubahan menjadi  tanda dinamika kampus tetap ada. Segala upaya perubahan ada di tangan Hima-unit.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar di situs persma-agrica.com

 
Top